Tugas Minggu Ke-4
Ade Nurestiana10513147
Peran Sosial
Individu
Dengan setiap teknologi
baru, hampir selalu ada periode terkait re-ogranisasi sosial dan kultur dan
refleksi, dan kadang-kadang bahkan kecemasan dan konflik. Hampir selalu ada
juga banyak pembicara jurnalis, ulama, dan orang biasa mencoba untuk memahami
apa yang mereka ketahui dan mendengar tentang perkembangan teknologi baru.
Sering mitos populer tentang teknologi baru dapat menjadi ekstrim, cenderung
membesar-besarkan dampak negatif atau positif mereka percaya bahwa teknologi akan
memiliki pada masyarakat, interaksi sosial, dan psikologis individu. Setiap
peran sosial adalah serangkaian hak, kewajiban, harapan, norma, dan perilaku
seseorang yang harus dihadapi dan dipenuhi. Model ini didasarkan pada
pengamatan bahwa orang-orang bertindak dengan cara yang dapat diprediksikan,
dan bahwa kelakuan seseorang bergantung pada konteksnya, berdasarkan posisi
sosial dan faktor-faktor lain. Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih
luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan
untuk menolong dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif
si penolong.Determinisme teknologi karena melihat teknologi sebagai besar
'penggerak dan pengocok' balik transformasi sosial yang besar pada tingkat
intuisi, interaksi sosial dan kognisi individu.
Prososial : perilaku yang
menguntungkan bagi penerima tetapi tidak memiliki keuntungan untuk
pelakunya. pengertian perilaku prososial
mencakup tindakan-tindakan: sharing (membagi), cooperative (kerjasama), helping
(menolong), honesty(kejujuran), serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan
orang lain. Contonya perilaku prososial meliputi segala bentuk tindakan yang
dilakukan atau direncanakan untuk menolong, tanpa memperhatikan motif
penolongnya. Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu
meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong
orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong.
Dampak Negatif dalam Penggunaan Internet
Internet memiliki sisi
manfaat dan sisi yang tidak berguna, bahkan dampak yang sangat buruk.
Benar-benar ibarat pedagang bermata dua. Sejatinya, internet diciptakan sebagai
media untuk menyebarkan segala bentuk data yang bernilai positif. Namun kini internet telah beralih fungsi
sebagai media penyebarluasaan hal-hal yang merugikan. Berikut ini meruapakan
dampak negatif penggunaan internet.
- Perilaku Antisosial
Sering dipandang
sebagai sikap dan perilaku yang tidak mempertimbangkan penilaian dan keberadaan
orang lain ataupun masyarakat secara umum di sekitarnya. Suatu tindakan
antisosial termasuk dalam tindakan sosial yang berorientasi pada keberadaan
orang lain atau ditujukan kepada orang lain, meskipun tindakan-tindakan
tersebut memiliki makna subyektif bagi orang-orang yang melakukannya. Tindakan-tindakan
antisosial ini sering mendatangkan kerugian bagi masyarakat luas, dalam hal
penggunaan internet di zaman sekarang ini yang membuat sesorang menjadi anti
sosial beberapa diantaranya daalah permainan dan media social.
Contoh : mahasiswa-mahasiswa
bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS)
yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan
kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang
beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan
didalamnya.
- Pornografi
Anggapan yang
menyebutkan bahwa internet identik dengan pornografi, itu tidak salah. Dengan
kekuatan untuk berikan informasi yang dimiliki internet, pornografi merajalela.
Untuk mengantisipasi semua itu, ‘browser’ produsen merampungkan program mereka
dengan kekuatan untuk memilih type home page yang bisa ditemukan photo secara
online. di pornografi serta kekerasan dapat menyebabkan dorongan pada seseorang
untuk lakukan tindak pidana.
- Gambling
Atau perjudian juga
merupakan salah satu dampak negative dari penggunaan internet. Sebenarnya,
gambling sudah ada sejak jaman dahulu. Gambling merupakan kejahatan yang muncul
sebagai akibat adanya komunitas dunia maya di internet dan memiliki karakteristiki
seperti perjudian ,yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan
komunitas gambling. Para pelaku jenis ini biasanya digambarkan dalam bentuk
orang-orang dari kelas menengah keatas yang berpenghasilan besar. Ruang lingkup
kejahatan dari gambling bersifat global. Gambling sering dilakukan secara
transnasional melintasi batas antar Negara. Dimasa mendatang kejahatan semacam
ini dapat mengganggu perekonomian si pelaku gambling ini dan perekonomian
nasional melalui jaringan infrastruktur yang berbasis teknologi elektronik.
- Deindividuasi
Suatu proses hilangnya
kesadaran individu karena melebur di dalam kelompok atau bisa dikatakan sebagai
pikiran kolektif. Atau pengaruh atas suatu kelompok yang menyebabkan kita jadi
tidak bertanggung jawab. Contohnya terhadap internet yang berbohong atau
menyamarkan segala identitasnya dalam dunia maya demi melakukan sesuatu yang
menurut dia baik tapi merugikan bagi oranglain.
Daftar Pustaka
Gackenbach. 2007. Psychology
and the Internet: Intrapersonal,Interpersonal, and transpersonal implications.
Kanada. Academic Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar