Senin, 27 Oktober 2014

Psikologi Dan Teknologi Internet

Tugas Minggu ke-2

Ade Nurestiana

10513147

WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.



(Electronic Mail) E-Mail
E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB

E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP



Search Engine

Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Contoh-Contoh Search engine :
1   1.    Google
Pengertian : GOOGLE artinya ialah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgroup/NNTP, Gambar, kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface lebih cepat dibanding webmail yang lain.

2.  Yahoo
Pengertian:Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
3   3.  Webcrawler
Pengertian: Sebuah web crawler adalah program otomatis yang relatif sederhana, atau script, yangmetodis scan atau "menjelajah" melalui halaman internet untuk membuat indeks dari data itu cari; program-program ini biasanya dibuat untuk digunakan hanya sekali, tetapi mereka dapat diprogram untuk penggunaan jangka panjang juga. Ada beberapa kegunaan untuk program ini, mungkin mesin pencari paling populer yang menggunakannya untuk memberikan peselancar web dengan situs yang relevan.
4    4.  MSN
Pengertian : MSN adalah search engine yang ada pada umumnya ( dari Mics )
5   5.  Live Search
Pengertian:  Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter.

CATTING

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.


Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
  • Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.

  •  Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.

  •  Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.

  •  Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.

  •  Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.

  •  Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.

  •  Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.

  •  Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.

  •  Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.

  •  Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu

  •  Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

  •  Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.

  •  Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.

  •  Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.

  •  Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.

  • Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.

  •  Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  •  Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.



Macam- macam situs download chatting




MIRANDA

Aplikasi sedeharna yang mendukung multi protocol instant messenger yang support dengan AIM, Facebook Chat, Gadu-Gadu, IAX (Inter-Asterisk Exchange), ICQ, IRC, Jabber, MSN, Netsend, Tlen, Yahoo Messenger



TRILIAN


Sayangnya aplikasi ini adalah sebuah aplikasi berbayar yang tentunya bakal merogoh kocek anda. Meskipun begitu anda tetap bisa menggunakan versi gratisannya. Aplikasi ini sangat powerful karena ringan di system dan bisa berajalan stabil meskipun dengan koneksi internet seadanya. Anda bisa download aplikasi ini  Beberapa keunggulan lain yang bisa anda peroleh dari aplikasi ini adalah:
  • Mendukung semua perangka computer.
  • Support untuk AIM, Windows Live, Yahoo!, Google, Facebook Chat, Jabber, Skype, Foursquare, LinkedIn.
  • Ada fasilitas notifikasi via email.
  • Mendukung layanan GPS
  • Kustomisasi plugin pada software yang baik


NIMBUZZ


Aplikasi Nimbuzz diberikan secara gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini sudah mendukung Live Messenger (MSN), Yahoo, ICQ, AIM, Google Talk, Facebook, MySpace, Gadu-Gadu, Hyves dan sebagainya. Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan kunjungi website resminya di sini




DiGSBY


Sama halnya seperti Miranda, aplikasi ini sudah mendukung multi instan Messaging seperti Yahoo messenger, ICQ, AIM® Facebook chat, Google Talk. Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan download di Beberapa fitur lain yang bisa anda dapatkan di aplikasi ini yaitu:
  • Aplikasi multi chatting.
  • Support dengan themes windows 7.
  • Ada Email notifikasi.
  • Bisa untuk mengirim dan menerima email.
  • Support dengan Hotmail, Gmail, Yahoo Mail, AOL, IMAP dan POP3
  • Adanya fasilitas untuk jejaring social seperti Facebook, Twitter, Myspace dan sebagainya.
  • Bisa ditambahan pada website sebagai widget.
  • Dan masih banyak lagi.



PALTALK


Paltalk adalah aplikasi yang khusus untuk berbagai chat video, panggilan suara, pesan, dan masih banyak hal yang lainnya. Anda bisa download aplikasi ini di . Beberapa fitur lain yang bisa anda dapatkan dari PalTalk yakni:
  • Ruang chat video yang luas.
  • Kirim pesan video kepada sesama pengguna.
  • Resolusi video yang bagus.
  • Bisa mengirim file hingga berkapasitas 200MB
  • Ada fasilitas tambahan seperti Games.
  • AOL, MSN, Yahoo IM (Instant Messenger) , Gchat dan Facebook chat.
  • Kualitas suara HiFi VOIP Chat dan sebagainya.

PIDGIN


Meski terkesan sederhana, jangan salah aplikasi ini tidak kalah dengan rival lainnya yang mungkin lebih dikenal. Kapasitas yang ringan ini sudah mendukung multi protocol sehingga anda bisa menggunakannya untuk berbagai protokol instan meeaging secara bersamaan seperti MSN, Google Talk, Yahoo! Mess dan yang lainnya bisa dilakukan secara bersamaan. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di sini



PALRINGO


Palringo tersedia untuk perangkat mobile dan komputer yang mirip dengan Nimbuzz maupun Yahoo Messanger. Silahkan anda download aplikasi ini di sini . Beberapa fasilitas lain yang bisa anda dapatkan dari aplikasi ini adalah:
  • Windows Live Messenger, AOL (AIM), Yahoo! Messenger, Google Talk ™, ICQ ®, Jabber, iChat, MobileMe, Facebook Chat (Alpha).
  • Fasilitas untuk kirim pesan suara ke pengguna lain.
  • Berbagi foto dengan sesama pengguna.
  • Berbagi lokasi dengan GPS, Wi-Fi dan masih banyak lagi.




YOONO


Pada mulanya Yoono hanya untuk menyediakan fasilitas bagi pengguna twitter dan facebook. Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk plugin untuk browser, aplikasi iPhone, desktop dan lainnya. Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan kunjungi Beberapa fasilitas yang bisa anda dapatkan dari aplikasi ini yaitu:
  • Berbagi link, gambar dan video dengan pengguna lain.
  • Drag & drop file yang bisa dilakukan dengan mudah.
  • Adanya email notifikasi jika ada pesan baru.
  • Sudah support dengan jejaring social seperti Facebook maupun Twitter.
  • Mendukung chat lewat Facebook, MySpace, Twitter, Flickr, AIM, Google Talk, dan sebagainya
Dengan semua aplikasi chatting yang sudah disebutkan di sini, anda bisa berinteraksi dengan sesama pengguna internet tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini memungkinkan komunikasi jadi lebih aktif sehingga kegiatan anda menjadi lebih efisien dan efektif.

PENGERTIAN NETIQUETTE, FLOMING, TROLLING, JUNKIN
Netiquette dapat diartikan sebagai Internet Etiquette atau Social Network Etiquette. Netiquette merupakan sebuah aturan dalam berinternet, pada umumnya diera modern ini semua orang pasti menggunakan internet dalam berbagai kegiatannya dari mulai pekerjaan, mencari sumber informasi, berinteraksi dengan teman, dan banyak lagi. Oleh sebab itu diperlukan aturan dalam berinternet agar pengguna mengetahui bagaimana batasan dan cara yang benar dalam menggunakan atau memanfaatkan internet dengan baik.
Flaming merupakan tindakan provokasi, penghinaan, mengejek, atau komentar kasar yang menyinggung pengguna lain .
Trolling diartikan sebagai seseorang yang mempostingkan tulisan atau pesan menghasut dan tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, dan bahkan blog. Tujuannya adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya agar jalannya diskusi yang tengah berlangsung menjadi kacau. Dalam dunia internet, pelaku trollingini disebut troller. Kalau Anda mencari padanannya dalam dunia nyata, troller bisa suka-suka Anda artikan sebagai provocateur alias provokator!
 Junking adalah tindakan memposting sesuatu yang tidak bergguna saat berforum di internet seperti foto, video, tulisan di media internet. Terdapat beberapa pedoman dasar dalam Etika yang disebut oleh Rinaldy (1996) sebagai “The Ten Commandment of Computer Ethics, yaitu:
1. Tidak menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.
2. Tidak mengganggu komputer orang lain.
3. Tidak mengintai file orang lain.
4. Tidak menggunakan komputer untuk mencuri.
5. Tidak menggunakan komputer untuk mengucapkan saksi dusta.
6. Tidak menggunakan atau menyalin perangkat lunak bajakan.
7. Tidak menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.
8. Tidak mencuri hasil karya orang lain.
9. Berpikir tentang konsekuensi sosial dari program atau posting yang Anda tulis.
10. Menggunakan komputer dengan cara bijak dan dengan rasa hormat pada pengguna lain.
Mengenai etiket, Brakeman (1995) menyajikan The Ten Commandment of Etiquette, yaitu:
1. Jangan pernah lupa bahwa pengguna lain adalah juga manusia.
2. Hendaknya menulis atau berkomentar secara singkat dan tepat.
3. Hormati pesan atau komentar orang lain.
4. Gunakan judul yang tidak menipu dalam posting/pesan.
5. Fahami siapa audiens dari posting Anda.
6. Hindari humor yang bersifat sarkasme.
7. Selalu tinjau kembali apa yang sudah Anda katakan
8. Bersosialisasilah (kembali kepada masyarakat yang riil).
9. Tidak terus mengulangi apa yang telah dikatakan.
10.   Cantumkan referensi secara tepat.
Dari berbagai buku maupun jurnal-jurnal ilmiah yang dipublikasikan online, baik dipublikasikan secara terbuka maupun secara tertutup (seperti di Proquest, Ebsco, maupun portal jurnal online lain) terdapat beberapa panduan Netiket, yang dapat diringkas ke dalam beberapa poin penting.  Virginia Shea (1994) pernah menulis buku khusus dengan judul “Netiquette” bisa dibaca offline di perpustakaan, bahkan ia membagikan bukunya secara gratis di laman ini. Virginia Shea menulis lengkap mengenai berbagai pedoman Netiket. Ia menulis 10 pedoman dasar mengenai Netiket.
Berikut ini adalah ringkasan dari pedoman netiket yang disarikan dari buku Virginia Shea dan dari beberapa jurnal penelitian:
1. Pikirkan dulu sebelum posting (Think first before posting)
Karakteristik sebuan pesan atau tulisan di dunia maya yaitu dapat disalin dan diteruskan secara cepat. Pertimbangan yang matang sebelum menulis mutlak diperlukan agar tidak terjadi dampak yang tidak diinginkan. Hindari menulis di saat kesal atau marah. Lebih baik menunggu satu hari atau beberapa saat daripada menulis atau menjawab komentar secara tergesa-gesa
2. Tulis judul posting dan komentar dalam huruf besar dan kecil. Huruf KAPITAL semua (uppercase) akan dipersepsi oleh orang lain seperti “BERTERIAK”, sementara jika huruf kecil semua akan menyulitkan untuk dibaca.
3. Hindari singkatan alay
Singkatan ini mungkin umum digunakan seperti “Pls, fwd, asap ” dan sejenisnya, tapi tidak semua orang faham.
4. Menulis dan berkomentar secara singkat dan fokus
Menulis atau berkomentar secara singkat dan fokus memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada ngalor-ngidul, ingin semua dibahas, menjadi tidak fokus. Singkat bukan berarti satu atau dua kata saja, tetapi fokus pada apa yang hendak disampaikan dengan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti oleh semua orang. Ingatlah, bahwa manusia hanya akan mengingat kata terakhir saja atau kata yang menurutnya penting saja sebagai kata kunci dalam merespons. Gunakan spasi dan baris dengan baik untuk dapat menekankan informasi mudah untuk dibaca.
5. Hindari smiley atau emoticon
Tidak semua orang faham dengan arti dari sebuah emoticon. Seperti diungkapkan oleh Scheuermann (1997), emoticon dengan “gambar kepala orang yang sedang mengisap rokok” misalnya, si pembaca akan bertanya-tanya “apa maksudnya dari ini”? Saya juga tidak tahu sampai saat ini apa arti dari emoticon itu.
Emoticon sangat sedikit yang dapat dimengerti, kebanyakannya membingungkan. Banyak cara yang lebih baik untuk menyampaikan perasaan daripada dengan sebuah emoticon.
6. Hindari flaming
Pedoman ini adalah “Golden Rule“, aturan utama dalam netiket. Flaming secara mudahnya dapat diartikan penghinaan atau komentar kasar terhadap orang lain. Flaming juga dapat berarti lari dari substansi atau fokus diskusi.  Secara lebih luas flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang menyinggung pengguna lain.
Menurut Virginia Shea, flaming dalam sebuah diskusi bisa berarti “perdebatan sengit” (istilah kitanya mungkin “debat kusir”). Flaming dalam arti debat, menurut Shea, kalaupun hendak mendebat hindari mendebat secara membabi-buta. Hindari mendebat pada pemula ataupendatang baru yang mungkin berstatemen agak “bodoh”. Karena mungkin ilmunya masih terbatas atau belum mempelajari karakteristik dari forum yang ia ikuti.
Debat kusir tidak akan mencerminkan bahwa “Anda populer” atau “Anda pintar”, justru mendebat dengan membabi buta seringkali menyebabkannya terjebak pada komentar yang “bodoh” (poorly executed flames). Dalam buku Netiquette diingatkan bahwa, “Remember that a poorly executed flame is worse than no flame at all” (silahkan diartikan, saya susah untuk mencari padanan katanya).
7. Hindari sikap mudah tersinggung
Beberapa pesan berupa posting atau komentar mungkin tidak bermaksud untuk menggoda atau mencemooh.
8. Hindari sikap atau kata-kata yang menggurui
Jauh lebih baik untuk menulis argumentasi dengan alasan yang logis daripada berkhotbah.
9. Memaafkan kesalahan orang lain
Memaafkan bukan hanya di dunia nyata tetapi juga penting di dunia maya. Tentang ini saya rasa tidak usah dijabarkan lebih lanjut.
10. Kenali audiens
Posting dengan maksud yang benar tetapi disampaikan pada saat yang tidak tepat akan memicu pertengkaran. Hal ini karena penulis gagal memahami audiens dari tulisannya.
Contoh kasus :
Terdapat berita di suatu media internet yang mengabarkan berita tentang seseorang seperti contoh kecelakaan si pelaku menabrak karena mengendarai mobil saat ia mabuk dan melibatkan 7orang tewas dan 5 luka-luka. Lalu ada seseorang berkomentar dalam berita tersebut mencacimaki pelaku seenaknya saja tanpa memikirkan pihak lain seperti keluarga pelaku yang bisa saja tersinggung karena komentarnya.
Maaf apabila ada kesalahan penempatan kata, kesamaan tulisan, dan kesalahan dalam penulisan. Karena tulisan ini semata-mata pembelajaran untuk saya.

 DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar